Oleh: Nurjannah
Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Medan
Guru
merupakan sentral yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Sebagian
orang menganggap guru adalah kaum intelektual yang mampu merubah bangsa menjadi
generasi yang lebih produktif, kompeten, dan memiliki kredibilitas tinggi.
Apa
saja tugas guru dalam membentuk karakter bangsa?
Salah
satu tugasnya adalah mengubah karakter siswa (behavioral changes), oleh karena
itu perilaku peserta didik dapat berkembang secara optimal. Seyogianya guru
perlu memahami tentang mekanisme yang dapat mengubah peserta didiknya.
Pembelajaran
sebagai pusat pengembangan cakrawala:
Pembelajaran
ini, mencakup interaksi antara guru dan peserta didik dalam upaya
mentransferkan ilmu. Bukan guru namanya jika tidak mampu mentransferkan ilmu
kepada peserta didik. Peserta didik adalah objek yang mendorong guru dalam
berfikir cerdas mengenai strategi dan pendekatan dalam pembelajaran.
Strategi
dan pendekatan ini, dapat di manajemen oleh guru itu sendiri sesuai dengan
teknik pengembangan peserta didik. Apabila guru salah langkah dalam strategi
dan metode pendekatannya, tidak menutup kemungkinan perkembangan peserta didik
tidak sejalan dengan yang di harapkan. Guru perlu mengajar dengan intelegensi
siswa, bukan intelegensinya yang berbeda dengan intelegensi siswa.
Perkembangan
peserta didik sangat signifikan dengan pola pembentukan yang di berikan oleh
guru. Guru yang menjadi penggerak bangsa demi meraih kemajuan yang saat ini
masih berada dalam ketertinggalan. Bukan hanya ketertinggalan yang harus di
benahi ,tetapi faktor-faktor yang menjadi penghalang peserta didik dalam meraih
ilmu.
Guru
menjadi sejarah kemajuan bangsa:
Jika
kita kembali pada kisah bom atom di Jepang (Hiroshima dan Nagasaki), mengapa negara
Jepang lebih berjaya di bandingkan Negara Indonesia?
Jawaban
utama adalah mereka mampu mengubah kehancuran itu dengan strategi yang
berprinsip pada penyelamatan guru-guru dari pada harta, kenapa? Karena mereka
menganggap guru merupakan aset berharga untuk mencerdaskan bangsa, peran guru
ini berhasil melahirkan generasi produktif yang siap memimpin bangsa di era
globalisasi.
Apakah
negeri yang tercinta ini dapat merealisasikan hal tersebut?
Kenapa
tidak ? tidak ada yang tidak mungkin sebelum kita mencoba, kunci keberhasilan
negara adalah menghasilkan generasi yang memiliki intelektualitas tinggi, bukan
hanya cakap dalam berbicara namun cakap dalam situasi apapun .
Kesimpulan
yang terakhir untuk seorang guru adalah guru bukanlah narasumber
segala-galanya, tetapi dalam pembelajaran ia lebih berperan sebagai
fasilisator, mediator, motivator, evaluator, desainer pembelajaran dan tutor.
Inilah ungkapan yang tepat tentang seorang pendidik bangsa yang mampu mengubah
keterpurukan negeri.
Artikel ini dibuat
dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun
Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah
(Gemail) UMN Al-Washliyah