Peran guru dalam membentuk karakter bangsa.



 Oleh: Nurjannah 
Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Medan
Guru merupakan sentral yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Sebagian orang menganggap guru adalah kaum intelektual yang mampu merubah bangsa menjadi generasi yang lebih produktif, kompeten, dan memiliki kredibilitas tinggi.

Apa saja tugas guru dalam membentuk karakter bangsa?

Salah satu tugasnya adalah mengubah karakter siswa (behavioral changes), oleh karena itu perilaku peserta didik dapat berkembang secara optimal. Seyogianya guru perlu memahami tentang mekanisme yang dapat mengubah peserta didiknya. 

Pembelajaran sebagai pusat pengembangan cakrawala:

Pembelajaran ini, mencakup interaksi antara guru dan peserta didik dalam upaya mentransferkan ilmu. Bukan guru namanya jika tidak mampu mentransferkan ilmu kepada peserta didik. Peserta didik adalah objek yang mendorong guru dalam berfikir cerdas mengenai strategi dan pendekatan dalam pembelajaran. 

Strategi dan pendekatan ini, dapat di manajemen oleh guru itu sendiri sesuai dengan teknik pengembangan peserta didik. Apabila guru salah langkah dalam strategi dan metode pendekatannya, tidak menutup kemungkinan perkembangan peserta didik tidak sejalan dengan yang di harapkan. Guru perlu mengajar dengan intelegensi siswa, bukan intelegensinya yang berbeda dengan intelegensi siswa.
Perkembangan peserta didik sangat signifikan dengan pola pembentukan yang di berikan oleh guru. Guru yang menjadi penggerak bangsa demi meraih kemajuan yang saat ini masih berada dalam ketertinggalan. Bukan hanya ketertinggalan yang harus di benahi ,tetapi faktor-faktor yang menjadi penghalang peserta didik dalam meraih ilmu. 


Guru menjadi sejarah kemajuan bangsa:
            Jika kita kembali pada kisah bom atom di Jepang (Hiroshima dan Nagasaki), mengapa negara Jepang lebih berjaya di bandingkan Negara Indonesia?
Jawaban utama adalah mereka mampu mengubah kehancuran itu dengan strategi yang berprinsip pada penyelamatan guru-guru dari pada harta, kenapa? Karena mereka menganggap guru merupakan aset berharga untuk mencerdaskan bangsa, peran guru ini berhasil melahirkan generasi produktif yang siap memimpin bangsa di era globalisasi. 

Apakah negeri yang tercinta ini dapat merealisasikan hal tersebut?
Kenapa tidak ? tidak ada yang tidak mungkin sebelum kita mencoba, kunci keberhasilan negara adalah menghasilkan generasi yang memiliki intelektualitas tinggi, bukan hanya cakap dalam berbicara namun cakap dalam situasi apapun .

Kesimpulan yang terakhir untuk seorang guru adalah guru bukanlah narasumber segala-galanya, tetapi dalam pembelajaran ia lebih berperan sebagai fasilisator, mediator, motivator, evaluator, desainer pembelajaran dan tutor. Inilah ungkapan yang tepat tentang seorang pendidik bangsa yang mampu mengubah keterpurukan negeri.


Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemail) UMN Al-Washliyah



Comments
0 Comments

0 komentar: