KEEFEKTIFAN PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PBL TETRHADAP HASIL BELAJAR SISWA



             
 Oleh: Dimas Nugroho P.W
 Universitas Negeri Medan (Unimed)

Berbagai upaya terobosan tengah dilakukan oleh pemerintah dewasa ini berkaitan dengan mencari dan mengembangkan potensi-potensi yang harus dikuasai oleh guru, yang bertindak sebagai Sumber Daya Manusia yang menjembatani perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang harus di transfer kepada peserta didik guna mengembangkan bakat, minat serta potensi yang dimiliki peserta didik sehingga kelak kemudian hari mampu mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai potensi yang dikuasai sehingga pembangunan pendidikan nasional dapat terwujud dengan sempurna karena di isi oleh generasi muda yang berkualitas. Dalam hal ini bahwa pembangunan sumber daya manusia mempunyai peranann yang sangat penting bagi kesuksesan dan keseimbangan pembangunan nasional yang telah digariskan, pembangunan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prioritas yang harus diperhatikan dan dirancang sedemikian rupa serta berdasarkan pemikiran yang matang untuk mengimbangi lajunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang mendunia.

Pendidikan memiliki peranan yang sangat vital serta merupakan suatu wadah yang sangat tepat di dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia serta harus menjadi prioritas secara optimal dan berkesinambungan, agar kualitas peserta didik pada jenjang pendidikan dasar yang merupakan pondasi untuk jenjang pendidikan SMA benar-benar berkualitas serta memiliki kompetensi yang tinggal mematangkan setelah peserta didik yang bersangkutan pada jenjang pendidikan berikutnya, sehingga terlihat dengan jelas ada kesinambungan antara jenjang pendidikan tingkat sekolah dasar dengan tingkat pendidikan sekolah menengah pertama.

Perlu menjadi acuan dimana jenjang pendidikan sekolah  menengah atas sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik manakala yang bersangkutan mengikuti jenjang pendidikan pada perguruan tinggi, mengingat hal di atas maka pendidikan pada sekolah dasar harus benar-benar diupayakan seoptimal mungkin.

Furqon (2011) menuliskan beberapa pengertian karakter yaitu (1) karakter adalah gabungan sifat – sifat kejiwaan akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. (kamus lengkap Bahasa Indonesia), (2) Karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu, (3) karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, (4) karakter adalah “ciri khas” yang dimiliki oleh individu. Dari beberapa pendapat tersebut akhirnya disimpulkan bahwa karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral , akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan keperibadian khusus yang menjadi pendorong dan penggerak serta yang membedakan dengan individu lain. Seseorang dikatakan berkarakter jika telah berhasil menyerap nilai dan keyakinan yang dikehendaki masyarakat serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam hidupnya.

 Pembentukan karakter sangat diperlukan dalam melangsungkan kehidupan, berbangsa dan bernegara yang aman, adil dan sejahtera. Oleh karena itu untuk membentuk karakter bangsa diperlukan perhatian dari berbagai pihak, baik oleh pemerintah, masyarakat, keluarga maupun sekolah. Pembentukan kerakter dapat diartikan membentuk kepribadian yang dalam proses pembentukan dipengaruhi oleh keluarga, sekolah dan masyarakat. Sekolah merupakan tempat yang strategis dalam membentuk karakter siswa sehingga siswa akan memiliki kepribadian yang mantap.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran project based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa . Metode project based learning memudahkan siswa memahami konsep dasar IPA karena memberikan motivasi belajar kepada siswa . Penyampaian materi pelajaran IPA dengan menggunakan metode project based learning  memberikan kesan pengajaran lebih lama diingat dibandingkan pengajaran dengan metode ceramah karena teknik penyampaian materi pelajaran metode project based learning  menarik dan interaktif serta dapat diulang-ulang oleh siswa yang mendorong siswa untuk belajar berkelompok. Diharapkan guru IPA hendaknya menggunakan metode project based learning  untuk penyampaian materi IPA karena sudah terbukti efektif dalammeningkatkan prestasi belajar siswa .


Daftar Pustaka
Achmad, Mubarok ., (2011),  Pendidikan Karakter Dalam Membangun Peradaban Bangsa, Proseding Konvensi Nasional Pendidikan Tahun 2011 di Solo : 30 – 32
Adolf Heuken , dkk ., (1996). Tantangan Membina Kepribadian, Cipta Loka Caraka,
        Jakarta
Cristina , P Carel ., (1973), Sampling Desain and Prosedure Paper of Survey Research Methodology, trial edition PSSC Social Servey series I
Depdiknas., (2008), Panduan Pengembangan Bahan Ajar , Departemen Pendidikan Nasional
Doppelt, Y. (2003). Implementation and assessment of project-based learning in a flexible environment. International Journal of Technology and Design Education 3 : 255-272.
Furqon Hidayatullah,M ., (2007), Mengantar Calon Pendidik Berkarakter Dimasa Depan, UNS Press, Surakarta
Grant, M. M., & Branch, R. M. (2005). Project-based learning in a middle school: Tracing abilities through the artifacts of learning. Journal of Research on Technology in Education, 1 : 65-98.
Gulbahar, Y. & Tinmaz, H. (2006). Implementing project-based learning and e-portfolio assessment in an undergraduate course. Journal of Research on Technology in Education 3 : 309-327.
Ismail ., (2002) , Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction): Apa, Bagaimana, dan Contoh Pada Sub Pokok Bahasan Statistika . Proceeding National Science Education Seminar State University of Malang : 55 – 56
Laela Sarah, Lia., (2005) , Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa., Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA, UPI , Bandung
Margono , (2009), Metodologi Penelitian Pendidikan , Peneribit Rhineka Chipta , Jakarta
Mulyani Sumantri ., Johar Permana., (2011), Strategi Belajar Mengajar, CV Maulana, Bandung
Muslich , Masnur ., (2011) , Pendidikan Karakter , PT Bumi Aksara , Jakarta
Panggabean, Luhut. P., (2000) ,  Statistika Dasar , Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA  Universitas Pendidikan Indonesia , Bandung .
S, Manihar ., (2010), Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Mata Pelajaran Kimia , FMIPA UNIMED , Medan .
S, Pasar Maulim ., (2011), Statistik Teori Dan Aplikasi Dalam Penelitian , FMIPA UNIMED , Medan
Slamento , (1995) , Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya , Penerbit Rhineka Cipta , Jakarta
Sudjana , Nana dan Rifai, Ahmad ., (2009), Media Pembelajaran , Sinar Baru Algensindi Offset, Bandung
Sugiono., (2011), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , Alfabeta, Bandung
Sutrisno Hadi, 1991, Pokok-Pokok  Metodelogi Penelitian Ilmiah, makalah penataran Metode penelitian Tenaga Pengajar ISI Yogyakarta
Yilmaz , (2013), An Investigation Of The Effect Of Project Based Learning Approach On Children’s Achievement And Attitude In Science,  The Online Journal of Science and Technology 3 :1 -3
Yulianti, Lia. 2006. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa ., Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UPI , Bandung
 




RIWAYAT HIDUP

Nama Lengkap              : Dimas Nugroho P.W
N.I.M                            : 4123131018
TTL Lahir                      : Tebing Tinggi . 12 November 1994
Alamat                           : Jl. Puri gg Buntu Medan
Fakultas                         : FMIPA
Jurusan                           : Kimia
Program Studi                : Pendidikan Kimia
Tempat Kuliah                : Universitas Negeri Medan
Semester                        : V ( Lima )
No Hp                           : 085922202720
E-mail                            : dimaswookie@gmail.com
Pengalaman Kuliah         : Jadi Asisten Laboratorium Kimia Dasar dan Kimia Organik I
Organisasi yang pernah diikuti  :
-         UKMI AR RAHMAN UNIMED
-         LP2IM ( Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa ) UNIMED

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemail) UMN Al-Washliyah


 

Comments
0 Comments

0 komentar: