Guru pembangun karakter, mendidik dengan hati dan Rabbani




 Oleh: Saida Afridayani
Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Medan
 
 Berbicara masalah peranan guru sebagai pembentuk karakter bangsa sebenarnya memerlukan rincian yang sangat terperinci, Guru sangat berperan dalam membantu pembentukan karakter peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Seorang guru merupakan pendidik yang menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup,disiplin,rabbani dan tanggung jawab.

 Peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu fokus didalam pembangunan Indonesia,Pendidikan itu tidak hanya proses memberi atau menerima informasi tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu kecerdasan emosional dan spritual anak didik untuk melahirkan generasi yang berkarakter.

Peningkatan kualitas di pendidikan (sekolah) harus diimbangi professional guru yang tentunya diikuti kualitas pembelajaran di kelas. Namun dalam kenyataannya, masih banyak guru yang tidak profesional dan bahkan banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan jurusannya. Banyak orang tua senang karena pendidikan penuh kesan yang menggiurkan. Guru bangga melihat anak didiknya pandai dalam segala hal tetapi orang tua dan guru sekarang kalang kabut melihat anak-anaknya yang pandai tapi tidak diikuti akhlaqul kharimah (tingkah laku yang baik).

Semua orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan belajar di sekolah,Seorang guru harus mampu menjadi penyampai ilmu dan penyejuk qalbu (hati). Artinya seorang guru harus mampu menyampaikan ilmu baik secara langsung (ceramah) atau secara tidak langsung melalui metode pembelajaran tertentu. Dan seorang guru juga harus mampu menjadi sosok pribadi yang menyejukan hati peserta didiknya dan membawa mereka menuju kebaikan hati dan karakter.

Pendidikan karakter yang utuh dan menyeluruh tidak sekedar membentuk anak-anak muda menjadi pribadi yang cerdas dan baik, melainkan juga membentuk mereka menjadi pelaku bagi perubahan dalam hidupnya sendiri yang pada gilirannya akan menyumbangkan perubahan dalam tatanan sosial kemasyarakatan menjadi lebih, adil, baik, dan manusiawi.

Jadi, yang intinya peran guru haruslah professional,dan sangat dibutuhkan untuk memberi contoh kebiasaan-kebiasaan baik yang akan menbentuk karakter peserta didiknya,karena peserta didik itu kebanyakan lebih percaya terhadap kebenaran yang terealisasikan dari pada kebenaran yang hanya diungkapkan oleh kata kata saja.kemudian mereka juga mengukur manfaat ,dan ketepatannya dengan cara memperhatikan tingkah laku orang orang yang menyerukan (guru) kebenaran tersebut.
Penulis merupakan mahasiswa Pendidikan Fisika UMN Al-Washliyah semester 3.

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemail) UMN Al-Washliyah
Comments
0 Comments

0 komentar: