Oleh: Saida Afridayani
Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Medan
Berbicara masalah peranan guru sebagai
pembentuk karakter bangsa sebenarnya memerlukan rincian yang sangat terperinci,
Guru sangat berperan dalam membantu pembentukan karakter peserta didik untuk
mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Seorang guru merupakan pendidik yang
menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik, dan
lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi
tertentu yang mencakup,disiplin,rabbani dan tanggung jawab.
Peningkatan kualitas pendidikan merupakan
salah satu fokus didalam pembangunan Indonesia,Pendidikan itu tidak hanya
proses memberi atau menerima informasi tetapi ada hal penting yang harus
diperhatikan yaitu kecerdasan emosional dan spritual anak didik untuk
melahirkan generasi yang berkarakter.
Peningkatan
kualitas di pendidikan (sekolah) harus diimbangi professional guru yang
tentunya diikuti kualitas pembelajaran di kelas. Namun dalam kenyataannya,
masih banyak guru yang tidak profesional dan bahkan banyak guru yang mengajar
tidak sesuai dengan jurusannya. Banyak orang tua senang karena pendidikan penuh
kesan yang menggiurkan. Guru bangga melihat anak didiknya pandai dalam segala
hal tetapi orang tua dan guru sekarang kalang kabut melihat anak-anaknya yang
pandai tapi tidak diikuti akhlaqul kharimah (tingkah laku yang baik).
Semua
orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan
belajar di sekolah,Seorang guru harus mampu menjadi penyampai ilmu dan penyejuk
qalbu (hati). Artinya seorang guru harus mampu menyampaikan ilmu baik secara
langsung (ceramah) atau secara tidak langsung melalui metode pembelajaran
tertentu. Dan seorang guru juga harus mampu menjadi sosok pribadi yang
menyejukan hati peserta didiknya dan membawa mereka menuju kebaikan hati dan
karakter.
Pendidikan
karakter yang utuh dan menyeluruh tidak sekedar membentuk anak-anak muda
menjadi pribadi yang cerdas dan baik, melainkan juga membentuk mereka menjadi
pelaku bagi perubahan dalam hidupnya sendiri yang pada gilirannya akan
menyumbangkan perubahan dalam tatanan sosial kemasyarakatan menjadi lebih,
adil, baik, dan manusiawi.
Jadi, yang
intinya peran guru haruslah professional,dan sangat dibutuhkan untuk memberi
contoh kebiasaan-kebiasaan baik yang akan menbentuk karakter peserta didiknya,karena
peserta didik itu kebanyakan lebih percaya terhadap kebenaran yang
terealisasikan dari pada kebenaran yang hanya diungkapkan oleh kata kata
saja.kemudian mereka juga mengukur manfaat ,dan ketepatannya dengan cara
memperhatikan tingkah laku orang orang yang menyerukan (guru) kebenaran
tersebut.
Penulis merupakan mahasiswa Pendidikan Fisika UMN Al-Washliyah semester 3.Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemail) UMN Al-Washliyah