Guru Profesional Pembentuk Karakter Bangsa




Oleh:  Awaliyah Nor Faina
Universitas Negeri Semarang (Unnes)
 


Ketika Jepang terpuruk karena kekalahan perang dunia ke-2, yang ditanyakan oleh kaisar bukanlah berapa prajurit yang masih hidup. Akan tetapi berapa guru yang masih hidup. Inilah yang menjadi kunci sukses Jepang sampai saat ini, menjadi negara kecil yang maju. Guru berperan mencerdaskan bangsa yang akan mengubah nasib bangsa ini ke depannya.

Guru menjadi salah satu komponen dalam pendidikan, ada berbagai tugas dan peran baik yang terkait langsung di sekolah maupun tidak. Peran guru yang pertama dan utama adalah sebagai pendidik.
Guru sebagai teladan bagi anak khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tentu segala tingkah lakunya tidak bertentangan dengan norma dan nilai yang berlaku dimasyarakat. Guru akan berusaha membimbing anak agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimiliki dan membimbing anak agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai individu yang mandiri dan produktif. Proses yang terjadi di kelas bukanlah pengajaran tapi pembelajaran. Konsekuensinya adalah semua yang ada di dalam kelas itu belajar, guru bukan sedang mengisi botol kosong tapi mengajak untuk menemukan sendiri dengan bimbingan guru.

Guru adalah satu-satunya profesi yang menentukan dalam mengubah nasib bangsa. Hal ini jelas, karena guru bertugas mendidik dan mengajar anak-anak bangsa, mengubah perilaku, membentuk karakter. Jika bangsa Indonesia ingin melakukan perbaikan keadaan bangsa Indonesia di masa mendatang, harapan itu tertumpang kepada guru, dunia pendidikan. Mengapa? Karena hanya guru yang profesional lah yang bisa mencerdaskan bangsa untuk mengubah nasib bangsa ini. 

Menjadikan guru profesional adalah tanggung jawab pemerintah secara kelembagaan dan tanggung jawab guru yang bersangkutan secara pribadi. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk itu. Melalui penambahan anggaran pendidikan, pelatihan bagi guru, penataan kurikulum, termasuk pencanangan pendidikan karakter secara nasional. Namun, upaya pemerintah itu tidak akan pernah cukup. Guru secara personal perlu menambahi upaya pemerintah tersebut.

Guru akan mampu untuk mencerdaskan bangsa, memajukan pembangunan bangsa ini adalah guru yang profesional yang mampu melaksanakan peran tugasnya. Usaha untuk mencerdaskan bangsa ini tidak akan berhasil jika guru tidak memiliki keikhlasan dan idealisme dalam mengabdi, mereka juga tidak akan mampu memperbaiki nasib bangsa. Guru yang bisa mencerdaskan bangsa, mengubah bangsa ini adalah guru yang profesional, ikhlas dan idealis dalam mengabdi atau menjalankan perannya. Karena sebagai seorang guru, diharapkan mampu menerapkan karakter yang baik. Karena guru adalah salah satu tokoh yang membangun karakter suatu bangsa, berhasil tidaknya suatu bangsa itu ditentukan juga oleh peranan guru.

Apabila kita simak bersama, bahwa dalam pendidikan atau mendidik tidak hanya sebatas mentransfer ilmu saja, namun lebih jauh dan pengertian itu yang lebih utama adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan watak seseorang agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam tataran etika maupun estetika maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

         Namun apa yang terjadi di era sekarang? Banyak kita jumpai perilaku para anak didik kita yang kurang sopan, bahkan lebih ironis lagi sudah tidak mau menghormati kepada orang tua, baik guru maupun sesama. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jelas hal ini tidak dapat terlepas karena adanya perkembangan atau laju ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi yang mengglobal, bahkan sudah tidak mengenal batas-batas negara hingga mempengaruhi ke seluruh sendi kehidupan manusia.
Oleh karena itu, membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda. Karenanya guru memiliki peranan yang penting dalam membangun karakter bangsa

Nama                                       : Awaliyah Nor Faina
Tempat Tanggal Lahir               : Jepara, 25 November 1995
Alamat Asal                               : Desa Srobyong Rt 03 Rw III Mlonggo Jepara 59452
Alamat Kos                             : Jalan Cempakasari Rt 02 Rw II Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Kampus                                   : Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Jurusan/Prodi                            : Matematika/Pendidikan Matematika
No.HP                                     : 08993246952
 

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemail) UMN Al-Washliyah
Comments
0 Comments

0 komentar: