Dengan Pendidikan Kita Raih Sejahtera



Dengan Pendidikan Kita Raih Sejahtera
Oleh : Sirri Wahyuni Tobing

Pada masa penjajahan jepang hal yang sering ditanyakan oleh jepang adalah “Berapa lagi guru yang tersisa? Bukan berapa lagi prajurit yang tersisa? Mengapa demikian? Tentu kita sudah bisa memaknai maksud dari pertanyaan tersebut? Bahwa guru sangat berperan penting dalam pembentukan karakter suatu bangsa.
Kata karakter itu sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu “character” yang artinya tanda, cirri, atau gambaran yang diukir. Karakter adalah respon langsung yang dilakukan seseorang terhadap dorongan yang dating dalam keadaan sadar.
Karakter bangsa adalah nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya sebagai anggota masyarakat, dan sebagai warga Negara yang religius, nasionalis, produjtif, dan kreatif.
Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan bahkan tidak bisa ditunda, dengan meneladani para tokoh yang memang patut untuk dicontoh. Namun seiring berjalannya waktu terjadi globalisasi di Indonesia, globalisasi sangat mempengaruhi penerus bangsa dari segi pola pikir, tingkah laku, gaya hidup, generasi muda cenderung meniru negatifnya daripada positifnya. Kita lihat saja sekarang ini korupsi, mengkonsunsi narkoba, berperilaku tidak sopan sudah menjadi hal yang lumrah.
Peran guru dalam membangun karakter bangsa ditentukan oleh kedudukannya sebagai pendidik dan pengajar, sebagai guru ia harus menunjukan kelakuan yang layak didalam maupun di luar sekolah. Karena guru adalah panutan dan contoh bagi murid dan masyarakat. Guru yang membimbing denga tulus dan ikhlas kearah yang mengndung nilai-nilai positif akan membentuk karakter bangsa pada generasi penerus bangsa ini.
Hanya melalui dunia pendidikanlah bangsa kita akan menjadi maju shingga dapat mengejar ketinggalan bangsa lain didunia sekaligus barometer terhadap kualitas sumber kualitas sumber daya manusia.
Dengan terbentuknya karakter bangsa bagi generasi penerus bangsa Indonesia diharapkan tidak lagi yang namanya tawuran, korupsi, mengkonsumsi narkoba, dan berperilaku tidak sopan.
Semoga dengan berkarakter bangs, indonesia menjasi bangsa yang sejahtera. Maka dari itu guru memiliki peranan yang penting dalam membangun karakter bangsa.

Nama                                       : Sirri Wahyuni Tobing
Class                                        : III- D English Departement
Npm                                        : 131244271
Program Studi                         : Pendidikan Bahasa Inggris
Nama Perguruan Tinggi          : Universitas Muslim Nusantara Alwasliyah

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemail) UMN Al-Washliyah

Comments
0 Comments

0 komentar: