GURU DAN KEMAJUAN BANGSA



Oleh : Siti Rahmah
Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Medan


Guru adalah profesi yang bergelar pahlawan tanpa tanda jasa, guru merupakan sosok individu yang menjadi panutan bagi anak didiknya, tidak jarang menjadi idola bahkan menimbulakn duplikasi terhadap muridnya. Oleh karena demikian besarnya pengaruh guru dalam kehiupan maka hendaklah seorang guru dapat mengajarkan, menyampaikan dan mengayomi anak didiknya dengan baik, karena guru merupakan orang tua pengganti murid ketika sekolah.
Menjadi guru merupakan panggilan jiwa, bertujuan mulia untuk mencerdaskan, membina dan membimbing anak didiknya menjadi individu yang cerdas, serta berbudi pekerti yang baik. Guru memiliki peran besar dalam kemajuan bangsa, karena gurulah yang berkecimpung langsung dalam dunia pendidikan yang dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualita. Karena pentingnya keberadaan seorang guru, pada saat jepang dijatuhi bom oleh tentara sekutu pertama kali yang ditanyakan oleh kaisar Hirohito adalah berapa jumlah guru yang tersisa, bukanlah dari hal itu kita dapat bercermin bahwa guru berperan besar dalam kemajuan suatu bangsa.
Tetapi pada kenyataannya pada era sekarang banyak guru yang kehilangan jati diri nya sebagai pendidik, menjadi guru tidak lagi bertujuan pada cita-cita mulia bangsa yang tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa” melainkan hanya menjadinnya sebagai profesi yang berorientasi pada gaji.
Jika setiap guru menyadari bahwa kiprahnya didunia pendidikan begitu penting dan turut menyumbang peranan yang besar dalam memajukan bangsanya, maka tidak aka nada lagi orang yang menjadikan statusnya sebagai guru hanya sebatas profesi tetapi berupaya melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya memberikan ilmu, membina mental dan kepribadian, serta membimbing anak didiknya untuk berkompetisi dalam menghadapi kemajuan zaman. Saehingga terbentuklah karakter bangsa yang baik yang tercermin pada kualitas sumber daya manusianya.

NAMA                        : SITI RAHMA
KELAS                       : III A AKUNTANSI
NPM                           : 133224026
FAKULTAS                 : AKUNTANSI

Artikel ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba Artikel Ilmiah "Peran Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa" yang diselenggarakan oleh Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemail) UMN Al-Washliyah
Comments
0 Comments

0 komentar: